Tokoh Islam AS Disambut Hangat di Indonesia


Penulis: Aris Kuncoro


JAKARTA-Delegasi dari Islamic Supreme Council of America (ISCA), Kamis (7/9) sore diterima Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Kantor Kepresidenan. Delegasi yang terdiri dari toga orang pemuka Islam Amerika Serikat itu masing-masing adalah As-Sayyid Syekh Muhammad Hisyam Kabbani An-Naqsybandi, Ketua Islamic Supreme Council of America (ISCA/Majelis Tinggi Islam Amerika), Hedieh Mirahmadi, Sekretaris ISCA dan Vatran, staf ISCA. Saat menerima tamunya, Presiden didampingi oleh Menteri Agama Maftuh Basyuni serta Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi.

Menurut Juru Bicara Presiden, Andi Alfian Mallarangeng, kunjungan berharga yang bersifat silaturahmi ini akan mengentalkan rasa persaudaraan antar sesama muslim di kedua negara. "Karena dengan silaturahmi, manusia menyambungkan sesuatu yang asalnya tidak tersambung, serta menghimpun sesuatu yang tercerai-berai menjadi sesuatu yang bersatu dan utuh kembali," kata Andi.

ISCA adalah organisasi muslim di Amerika Serikat yang membantu memberikan solusi untuk memecahkan masalah atau isu kontemporer, dan berpegang teguh pada hukum Islam murni. Organisasi yang dirintis oleh As-Sayyid Syekh Muhammad Hisyam Kabbani An-Naqsybandi tersebut berdiri sejak tahun 1997, dan berpusat di
Michigan , Amerika Serikat.


Sebelumnya, tokoh Islam dari Amerika Serikat itu menyempatkan diri memberikan ceramah agama dan memimipin sholat dhuhur berjamaah di majelis pengajian pimpinan Ustadz Ir. H. Ahmaddin Ahmad, di bilangan Kebun Jeruk, Jakarta Barat.


Kepada penulis, Shyekh Muhammad Hisham Kabbani mengatakan, perkembangan Islam di Amerika belakangan cukup pesat.
Banyak warga negeri Paman Sam itu yang tertarik belajar tentang Islam.


Bagi Syekh Muhammad Hisham Kabbani, kunjungan ke Indonesia ini bukan yang pertama kalinya. Ulama berpengaruh di AS ini sebenarnya telah beberapa kali berkunjung ke Indonesia . Tak heran kalau sejumlah tokoh Islam di Indonesia, khususnya dari aliran tariqot Naqsyabandiyah cukup dekat dengan ulama yang kharismatik ini. Maklumlah, Syekh berjenggot putih panjang ini memang termasuk ulama Naqsyabandiyah yang dihormati di berbagai belahan dunia.


Ustadz Ir. Ahmaddin Ahmad yang menjadi tuan rumah berkaitan dengan kunjungan Syekh berpengaruh itu membenarkan bahwa Syekh Muhammad Hisham Kabbani memang cukup sering menyampaikan dakwah kepada jamaah masjid yang dikelolanya.


‘’Dan setiap kali beliau datang, jamaah masjid kami meningkat Ini menunjukkan bahwa beliau memang punya karisma khusus, dan cukup dikenal di kalangan umat Islam di Jakarta,’’ujar Ustadz H. Ahmaddin Ahmad yang sebelumnya pernah dikenal sebagai Ketua Umum Persija Pusat dan juga mantan Kepala Dinas Tata Kota Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Keterangan foto: Syekh Muhammad Hisham Kabbani (berjenggot) dan H. Ir. Ahmaddin Ahmad

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama