Ir Ahmadin Ahmad:Fauzi Bowo Sosok Cerdas

Penulis: Aris Kuncoro

JAKARTA-Sosok Fauzi Bowo yang disebut-sebut sebagai calon gubernur DKI Jakarta favoritnya masyarakat Jakarta menarik untuk disimak. Salah seorang yang merasa sangat terkesan dengan sosok Bang Foke—demikian Wakil Gubernur DKI Jakarta ini akrab disapa—adalah Ir. Ahmadin Ahmad.

Maklumlah, sebagai seorang yang cukup lama menduduki jabatan Kepala Dinas Tata Kota Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yaitu dari tahun 1995 sampai 2001, Ahmadin Ahmad memang boleh dikenal cukup dekat mengenal sosok Fauzi Ahmad.

‘’Kesan pertama saat baru kenal dengan Beliau adalah sosoknya yang cerdas,’’katanya.

Menurut Ahmadin Ahmad, pertama kali dia mengenal sosok Bang Foke adalah saat mendapat tugas di Jeddah. Ketika itu, pada taahun sekitar 1980-an, Bang Foke yang masih muda mendapat kepercayaan dari Pemerintah DKI untuk mengetuai delegasi yang mewakili Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ke Jeddah.

Dari gaya bicaranya yang kalem namun penuh kedalaman, terlihat bahwa Bang Foke adalah sosok yang cerdas dan sangat teliti. ‘’Kalau sudah mendapat tugas tertentu maka beliau biasanya akan secara detil mempelajari bidang tugasnya itu. Dan yang sangat mengesankan bagi saya adalah ketika beliau menjabat sebagai Sekretaris Wilayah Daerah atau Sekwilda Pemprov DKI Jakarta. Dengan teliti beliau mencatat sendiri semua penjelasan dari dinas saat rapat,’’kata Ahmadin Ahmad yang ketika itu menjabat sebagai Kepala Dinas Tata Kota Pemprov DKI, yang berarti adalah anak buah langsung Fauzi Bowo.

Selain itu, kata Ahmadin Ahmad lagi, Bang Foke adalah seorang pekerja keras yang sepertinya tak pernah kenal lelah. ‘’Kalau sudah bekerja beliau sanggup sampai larut malam. Beliau juga cukup dekat dengan bawahan. Dia bahkan tak segan-segan meminta pendapat dari bawahannya. Jadi meskipun beliau adalah birokrat, tapi tak ada kesan sombong. Dengan anak buah selalu penuh perhatian,’’kata Ahmadin Ahmad lagi.

Tutur kata bang Foke yang lemah lembut tapi tegas itu, menurut Ahmadin Ahmad merupakan pencerminan dari jiwa yang halus. ‘’Mungkin karena beliau juga memang seorang pecinta seni. Malah, sepengetahuan saya, beliau adalah seorang kolektor seni lukis. Beliau banyak mengoleksi berbagai macam benda seni, termasuk lukisan karya pelukis-pelukis ternama,’’ujar Ahmadin Ahmad.

Pendapat Ahmadin Ahmad ini tampaknya ada benarnya. Dalam sejumlah kesempatan Bang Foke mengaku lebih senang meresmikan pameran lukisan daripada menjalani jabatan resminya saat ini.

"Meresmikan pameran lukisan lebih menyenangkan daripada jadi wakil gubernur. Di sini saya tidak mungkin dikritik," katanya ketika membuka sebuah pameran lukisan di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, bebrapa waktu lalu.

Fauzi mengaku mengagumi para pelukis. "Kalau saya lahir kembali, saya ingin menjadi pelukis saja," ucapnya.

Menurut Bang Foke pula, para seniman merupakan kekayaan bangsa yang tak dapat diambil oleh negara lain. "Kalau saham atau hasil bumi, dapat diambil negara lain. Kalau seniman, selamanya akan menjadi seniman Indonesia," ujar Doktor Ingenieur dari Fachbereich Architektur/Raum Und Umweltplanung-Baungenieurwesen Universitat Kaiserlautern, Republik Federasi Jerman, tersebut.

Ia juga pernah menyarankan agar para pengusaha lebih meningkatkan investasi di dunia seni lukis dengan menjadi kolektor. "Lebih baik investasi di bidang seperti ini daripada di saham, (dananya) enggak cepat hilang," tuturnya.


Zainuddin MZ Dukung Fauzi


Tak heran, melihat latar belakang Bang Foke, sejumah kalangan menilai peluang Fauzi Bowo menjadi pemenang pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) langsung 2007 mendatang sangat besar.

"Kita telah melihat kepemimpinan dia (Fauzi Bowo-red) sebagai wakil gibernur. Dia profesional dan disiplin dalam melaksanakan tugas. Karena itu, dia sangat berpeluang meneruskan karirnya sebagai penerus Sutiyoso. Jujur saja, saya lebih banyak melihat beliau dari sisi profesionalisme ketimbang etnis," kata KH Zainuddin MZ, usai Tablig Akbar di Halaman Masjid Al Wiqoyah, Jagakarsa Jakarta Selatan, Jumat (29/9) malam.

Selain itu, kata Zainuddin, pengalaman dalam berorganisasi dan bermasyarakat yang dimiliki Bang Foke-sapaan akrab- Fauzi Bowo, sangat mendukung Bang Foke untuk dapat mengambil simpati warga ibu kota.

"Dalam segi keagamaan dia seorang muslim yang taat dan saat ini dia sebagai Ketua Tanfiziyah NU DKI dan juga Ketua Bamus Betawi," ujar Zainuddin yang terkenal dengan sebutan Da´i sejuta umat ini.

Saat ditanya apakah ada dukungan yang akan diberikan untuk Bang Foke, kembali Zainuddin mengatakan, pada prinsipnya Fauzi Bowo merupakan sosok yang patut menjadi panutan warga Jakarta.

Seperti diketahui, saat ini sudah muncul beberapa nama bakal calon gubernur DKI Jakarta periode 2007-2012 mendatang. Mereka antara lain DR Ing Fauzi Bowo (wakil gubernur DKI), Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Adang Daradjatun (Wakapolri), Jenderal TNI (Pur) Agum Gumelar, dan Letnan Jenderal (Letjen) TNI Purn Bibit Waluyo.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama