Apoan: KUKMI Kodya Jakarta Selatan Siap Bantu Tampung Pedagang K-5



Oleh: Aris Kuncoro/Badar

Kerukunan Usahawan Kecil dan Menengah Indonesia (KUKMI) Kotamadya Jakarta Selatan bertekad akan lebih aktif untuk membantu melakukan pembinaan terhadap para pedagang kaki lima di wilayahnya.

‘’Kami kini sedang berusaha mencari lahan yang tepat dan strategis untuk bisa menampung para pedagang kaki lima. Agar mereka tidak lagi dikeja-kejar aparat Trantib,’’ujar Ketua DPD KUKMI Kotamadya Jakarta Selatan Apoan Saragih, SE usai acara Pengesahan Pengurus DPD KUKMI Kotamadya Jakarta Selatan Periode 2007-2012, di Sekretariat Kantor KUKMI Jakarta Selatan, Jalan Cileduk Raya No. 17, Petukangan Selatan, Jakarta Selatan, hari Minggu (15/4) lalu.

Dikatakan bahwa para pedagang kaki lima di Kotamadya Jakarta Selatan jumlahnya saat ini mencapai sekitar 11 ribu orang. Mereka selama ini sering dikejar-kejar Tramtib dianggap mengganggu ketertiban kota.

‘’Para pedagang itu memang salah, karena mereka memanfaatkan trotoar untuk berjualan sehingga sering mengganggu lalu lintas. Tapi pemerintah juga salah, karena tidak menyiapkan tempat untuk menampung mereka. Oleh karena itu, KUKMI memberikan jalan keluar dengan memprogramkan penyiapan lahan dan tempat untuk menampung para pedagang kaki lima itu,’’tambah Apoan, yang kembali terpilih sebagai Ketua KUKMI Jakarta Selatan. Yang berarti dia telah menduduki Ketua KUKMI Jakarta Selatan untuk dua periode.

Pada masa jabatan sebelumnya, menurut Apoan, KUKMI Jakarta Selatan telah berhasil menampung sekitar 1000 pedagang lebih dengan menyiapkan lokasi berdagang di berbagai tempat, seperti di daerah Cipulir, Bintaro, dan sebagainya.

Dalam masa jabatan keduanya ini, Apoan juga telah menyiapkan program kerja jangka pendek menyiapkan tempat penampungan bagi para pedagang kaki lima di sejumlah tempat di Jakarta Selatan.

‘’Tapi, kita tidak sembarangan membuat tempat penampungan. Sebab, bagaimana pun, kita juga harus memperhitungkan, apakah lokasi tersebut strategis atau tidak. Jangan sampai pedagang dirugikan,’’ujar Apoaon lagi.

Dia juga berharap agar pihak pemerintah dalam hal ini Pemerintah Kotamadya Jakarta Selatan bisa ikut membantu. Setidaknya untuk penyiapan lahannya. Sebab, saat ini kendala utama untuk menampung para pedagang kaki lima adalah sulitnya mencari lahan yang tepat dan strategis.

Sementara itu, sebelumnya, Ketua DPD KUKMI DKI Jakarta Indrayeni, SH mengingat akan para pengurus KUKMI Jakarta Slatan terus menjaga kekompakan dan kebersamaan.

Dia juga berharap agar para pengurus mengutamakan upaya pembinaan masyarakat atau pedagang pasar yang selama ini menjadi garapan KUKMI sehar-hari.

Pengurus KUKMI Jakarta Selatan yang telah disahkan oleh Pengurus DPD KUKMI DKI Jakarta diketahui oleh Apoan Saragih, SE, dengan Sekretaris Akmal Romil. Selanjutnya nanti secara resmi akan dilakukan pelantikan serentak seluruh Pengurus SPS KUKMI Tingkat II se DKI Jakarta pada bulan Mei 2006.



Keterangan Foto:

Apoan Saragih (kiri) menerima pataka KUKMI dari Ketua DPD KUKMI Provinsi DKI Jakarta.


1 Komentar

Lebih baru Lebih lama