Nama Ketua KPUD Kab Bekasi Dicatut untuk Menipu

BEKASI (wartamerdeka)  -Hati-hati. Kini muncul penipuan dengan modus baru. Yakni dengan memanfaatkan atau mencatut nama Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bekasi Drs Adi Susila untuk menipu sejumlah ketua partai politik.


Sejumlah ketua partai,terutama partai-partai baru, nyaris jadi korban penipuan model baru ini. Tapi, untungnya para ketua partai di Kabupaten Bekasi cukup waspada, sehingga lolos jadi korban penipuan.

Ketua partai yang sempat dihubungi oleh seseorang yang mengaku sebagai Ketua KPUD Kabupaten Bekasi ini di antaranya Ketua DPC Partai Patriot Domox dan Ketua DPC Partai Persatuan Daerah (PPD) Aris Kuncoro.

Menurut Aris Kuncoro, kalau para ketua partai tidak waspada, dan kurang kenal dengan suara ketua KPUD kabupaten Bekasi Adi Susila, kemungkinan bakal terkecoh dengan aksi para penipu, yang tampaknya sebuah komplotan.

Disebutkan, dirinya awalnya dirinya mendapat SMS dari nomor seluler 08161642228. isinya : ‘’Ass. Pak Aris Kuncoro, harap hubungi saya di nomor ini. Dari Drs. Adi Susila (Ketua KPUD Kab. Bekasi)’’. SMS itu dikirim pada tanggal 23 Juli 2008 pukul 10.03 WIB.

Aris yang juga dikenal sebagai Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengawasan Pembangunan Bekasi (LP3B) ini mengaku dirinya sudah punya firasat bahwa SMS ini tidak beres. Tapi,dia tetap mencoba menelepon karena penasaran.

Benar saja dugaan Aris. Suara oknum yang mengaku sebagai Adi Susila itu ternyata bukan suara Adi Susila yang dikenalnya. ‘’Suaranya lebih berat dan logatnya seperti orang dari daerah Sumatera Utara. Sementara Pak Adi itu kan cukup kentara logat Jawanya jika berbicara. Tapi saya biarkan dia bicara terus,’’ujar Aris.

Dalam pembicaraan via telepon seluler itu, ‘’Adi Susila’’ palsu ini mengaku sedang membutuhkan dana, sehingga dia mohon bisa minta bantuan pinjam dana sebesar Rp 7 juta. ‘’Nanti saya kembalikan dalam satu atau dua hari Pak,’’ujarnya.

Disebutkan pula oleh ‘’Adi Susila’’ palsu itu, jika mau membantu meminjami dana maka dirinya juga akan membantu dalam soal pencalegan. Tapi jika tak membantu meminjami dana, ‘’Adi Susila’’ palsu ini mengancam akan mempersulit proses pencalegan

Ketua DPC partai berlambang payung ini, sudah curiga bahwa itu adalah modus baru penipuan. Dalam rangka untuk memancing lebih lanjut tindakan ‘’Adi Susila’’ palsu itu, dia menyanggupi untuk memberikan bantuan,dan hendak menyerahkan dana itu langsung kepada yang bersangkutan. ‘’Adi Susila’’ palsu iitu pun diminta menelepon dirinya satu jam lagi.

Benar saja, ‘’Adi Susila’’ palsu itu menelepon lagi satu jam kemudian. Ketika itu Aris menyatakan kalau dirinya hanya punya dana Rp5 juta. Ternyata Adi Susila menyatakan bahwa Rp 5 juta juga boleh. Namun, ‘’Adi Susila’’ palsu itu ternyata tak berani ketemu langsung dengan Aris untuk menerima dana tersebut. Dia minta agar Aris mengirim dana itu via bank atau transfer. Selanjutnya beberapa menit kemudian ’’Adi Susila’’ palsu ini mengirim SMS nomor rekening tujuan transfer. Ternyata rekening BCA Kantor Cabang Utama (KCU) A. Yani Bandung itu atas nama Rudi Wachdani dengan nomor : 4370731646

Tentu saja Aris tak mau terkecoh begitu saja. Langsung dia telepon Ketua KPUD Kabupaten Bekasi Adi Susila yang asli. Ternyata memang benar bahwa Ketua KPUD Kabupaten Bekasi itu merasa tidak pernah menelepon Aris Kuncoro, berkaitan dengan permintaan peminjaman dana. Jadi, bagi para ketua partai hati-hati jika mendapat telepon yang mengatasnamakan KPU.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama