Pemerintah Harus Lebih Tanggap Terhadap Bencana Wasior


"Sementara masyarakat terkena korban justru semakin menderita, baik dalam melakukan evakuasi korban, mencari keluarga yang hilang, ataupun untuk keperluan tempat pengungsian yang layak," kata Syahganda. Bahkan, lanjutnya, hal yang paling pokok yaitu kebutuhan obat-obatan, makanan, maupun pakaian tidak ditangani dengan baik oleh pemerintah pusat.
"Pemerintah pusat dan instansi yang menangani bencana, seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta Kementerian Sosial, terkesan sangat tidak cekatan dan kurang tanggap," ujarnya. Dikatakan, kedua lembaga tersebut seharusnya telah mendistribusikan bantuan kepada korban sejak awal terjadinya bencana melalui transportasi udara, sehingga tidak perlu menunggu pernyataan darurat dari pemerintah pusat terkait bencana. Apalagi menyerahkan penanganannya pada pemerintah daerah, katanya.
"Pemerintah lokal tidak akan mampu mengatasi korban, kecuali dengan berbagai bantuan dari Jakarta sebab dana bantuan terkumpul di pemerintah pusat," demikian Syahganda.

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Artis Sinetron Lidya Pratiwi Sampai Terlibat Pembunuhan?

MS Bulganon H. Amir: YASKUM akan Dirikan Sekolah dan Pesantren Gratis

Produksi Minuman Keras Ilegal Merek ‘’Rajawali’’, Komisi B DPRD DKI Minta Pemerintah Tegas Menindak CV Jakarta Indonesia Makmur