SBY : Tidak Benar, Pembalakan Liar Sebabkan Banjir Bandang

WASIOR -  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan penyebab terjadinya musibah banjir bandang yang menyapu wilayah Wasior dan sekitarnya, 4 Oktober lalu bukan diakibatkan pembalakan liar terhadap hutan di kawasan itu.

 “Setelah langusng melihat sendiri, tidak benar ada pembalkan liar di sini sebagai penyebab musibah banjir bandang, “ kata SBY dalam konferensi pers yang dilakukan di sebuah lokasi penuh batu berukuran besar  yang dihanyutkan banjir bandang di kawasan Sanduai, distrik Wasior, Kamis (14/10).

Pernyataan resmi kepala negara ini sekaligus membantah tudingan sejumlah pihak terutama dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) yang berulang kali menyatakan eksploitasi hutan sebagai penyebab banjir bandang Wasior.

Pernyataan SBY tentang tidak adanya pembalakan hutan, menurut lapran wartawan wartamerdeka.com, Rais Rayid, didasarkan pada dua fakta utama yang disaksikan langsung presiden sendiri saat berkunjung ke Wasior, kemarin.

Pertama, kayu-kayu gelondongan, terutama berukuran besar yang ikut terbawa banjir tercabut dengan akar-akarnya dan tidak ada bekas potongan gergaji mesin (chain saw). Kedua, kawasan hutan pegunugan Wondiboy masih utuh dan tidak terlihat ada tanda-tanda pernah terjadi penebangan, termasuk saat dipantau langsung dari udara.

 “Kita lihat, lapisan kedua dari bukit ini juga masih utuh. Hutannya terpelihara dengan baik, “lanjut presiden sambil menunjuk kawasan hutan di lereng pegunungan Wondiboy. (Rais)

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Artis Sinetron Lidya Pratiwi Sampai Terlibat Pembunuhan?

MS Bulganon H. Amir: YASKUM akan Dirikan Sekolah dan Pesantren Gratis

Produksi Minuman Keras Ilegal Merek ‘’Rajawali’’, Komisi B DPRD DKI Minta Pemerintah Tegas Menindak CV Jakarta Indonesia Makmur