Hasil Pemilukada Tangsel: Pasangan Arsid-Andre dan Airin-Benyamin Bersaing Ketat, Bisa Mengundang Kerawanan Politik

TANGSEL - Masyarakat Tangerang Selatan (Tangsel) baru saja menggelar pesta demokrasi, yakni pemilihan kepala daerah (Pilkada). Dua pasangan calon yakni Arsid-Andre Taulany dan Airin-Benyamin bersaing ketat. Bahkan, hasil survei yang dilakukan oleh LSI, suara kedua pasangan calon ini cuma beda 0,26 persen.

Menurut Direktur Strategis Indopolling, Karyono, hasil Pilkada Tangsel ini mengundang kerawanan politik. 

"Yang patut diwaspadai bila terjadi pertarungan kekuatan yang seimbang seperti ini dapat mengundang kerawanan politik, baik itu dalam proses penghitungan suara atau kepentingan politik uang," kata Karyono dalam rilis yang diterima detikcom, Minggu (
14/11/2010).

Karyono mengatakan, terjadi persaingan ketat di Pilkada Tangsel antara Airin dan Arsid. Potensi dukungan terhadap pasangan Arsid semakin menguat. Namun demikian posisi Airin juga masih cukup kuat, sehingga kedua pasangan tersebut sama sama memiliki peluang untuk menang. 

Beberapa faktor yang menyebabkan menguatnya dukungan terhadap Arsid, menurut Karyono karena ada konsolidasi dari kelompok kritis yang tidak ingin dominasi dinasti Ratu Atut yang kian menguasai seluruh wilayah Provinsi Banten. Kelompok ini akan mendukung Arsid dibanding Airin yang notabene adik ipar Ratu Atut Khosiyah.

"Kedua, popularitas aktor Andre Taulany menjadi magnet yang dapat menggerakkan pemilih grassroots. Ketiga, adanya keinginan masyarakat munculnya pemimpin alternatif," ungkap Karyono.

Dia menambahkan, kekuatan koalisi partai-partai besar kembali diuji. Jika Airin kalah, maka kemenangan partai kecil melawan koalisi partai-partai besar bukan isapan jempol belaka. Seperti diketahui, Airin-Benyamin didukung oleh Partai Golkar, Partai Demokrat, PDI Perjuangan, PKS, PAN, PDS, PKB, PPDI dan PKPI. Sementara Arsid-Andre Taulany “Cuma” didukung oleh PPP, PBB, Hanura dan Gerindra.

"Apakah mereka (partai besar) kembali terpuruk seperti Pilkada Kota Depok beberapa waktu yang lalu? Kita tunggu saja hasil akhir keputusan KPUD Tangsel," tutupnya.

Hasil penghitungan quick count Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) yang dilakukan oleh dua lembaga survei, yakni Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dan Konsultan Citra Indonesia (KCI) memenangkan pasangan Airin-Benyamin dengan mengantongi suara 46,09%. Mereka menang tipis atas pasangan Arsid-Andre Taulany yang memperoleh suara 45,83%.
Tapi, Tim Sukses pasangan Arsid-Andre Taulany mengklaim meraih kemenangan dalam Pilkada Tangerang Selatan, Banten.

Ketua pemenangan pasangan Arsid-Andre, Basri, di Tangerang, Sabtu (13/11/2010), mengatakan, berdasarkan hasil penghitungan dengan mengacu pada formulir C1, diperoleh persentase sebanyak 47,67 persen untuk pasangan Arsid-Andre.

"Dari hasil perolehan suara yang kita peroleh dari hasil perhitungan di semua TPS, pasangan Arsid-Andre unggul perolehan suara dari pasangan lainnya," katanya dalam keterangan pers di AA Center di Perumahan Villa Dago, Pamulang.

Sementara itu, pasangan Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie meraih suara sebanyak 44,61 persen. Sedangkan pasangan Yayat Sudrajat-Norodom Sukarno meraih 5,49 persen dan Rodiyah Najibah-Sulaeman Yasin mendapat 2,23 persen.

Pemungutan suara Pemilu Tangerang Selatan sendiri dilakukan tanggal 13 November yang diikuti sebanyak 732.195 suara dengan jumlah TPS sebanyak 1.890 yang tersebar di tujuh kecamatan atau 54 kelurahan. (badar/wartamerdeka.com)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama