Kepala BNP2TKI dan Dubes Jepang Wajibkan Promosi KTKLN


BANDUNG- Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN) merupakan instrumen pelindung utama Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri. Kartu ini menggunakan sistem informasi yang berisi (content) 60 jenis data, mulai dari jati diri TKI, asuransi, PT yang berangkatkan, Kontrak Kerja, nama pengguna, dan lain-lainnya.

“BNP2TKI telah memasang card reader ini di seluruh daerah embarkasi TKI,” ujar Kepala BNP2TKI, Moh Jumhur Hidayat didamping Dubes Jepang, Kojiro Shiojiri ketika melepas 116 TKI perawat dan pendamping orangtua, di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung, Jum’at (5/8).

Menurut Jumhur, dengan memiliki KTKLN yang berfungsi sebagai kartu identitas diri, setiap ada masalah yang menimpa TKI di luar negeri, datanya dengan cepat akan dapat diketahui.
“Di luar negeri, KTLN sudah terpasang di 5 negara, yaitu Malaysia, Taiwan, Jeddah, Riyadh dan Kuwait,” jelas Jumhur.

Untuk 2010 ini, menurut Jumhur, BNP2TKI akan menambah card reader KTKLN di berbagai perwakilan di luar negeri. Ia menilai dengan isi 60 jenis data, KTKLN sudah cukup sempurna sehingga tidak bisa digantikan dengan kartu asal-asal yang tidak memuat data tentang TKI dan ketenagerjaan itu.

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Artis Sinetron Lidya Pratiwi Sampai Terlibat Pembunuhan?

MS Bulganon H. Amir: YASKUM akan Dirikan Sekolah dan Pesantren Gratis

Produksi Minuman Keras Ilegal Merek ‘’Rajawali’’, Komisi B DPRD DKI Minta Pemerintah Tegas Menindak CV Jakarta Indonesia Makmur