Kesadaran Bela Negara Perlu Ditingkatkan

REMBANG-Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Rembang Selasa (16/11/2010) pagi tadi menggelar kegiatan peningkatan kesadaran bela negara bagi tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda. Kegiatan dilaksnakan di pendopo kabupaten, dengan menghadirkan salah satu nara sumber Perwira Seksi (Pasi) Teritorial Kodim 0720/Rembang Kapten Wardiana.

Kapten Wardiana dalam paparannya antara lain menyampaikan pendidikan pendahuluan bela negara (PPBN), menyoroti rendahnya masyarakat untuk menggugah semangat gotong royong melalui swakarsa, swadaya dan swasembada. "Masyarakat sekarang ini cenderung mengedepankan dana, kenyataannya apabila tidak ada dana tidak jalan," sebutnya.

Menurut dia, pola dan perilaku swakarsa, swadaya dan swasembada ini perlu disikapi oleh pemuda, tokoh agama dan masyarakat. "Agar bisa ditumbuhkembangkan dan diuri-uri kembali sebagai ciri khas bangsa kita," sebutnya.

Sementara itu Ketua Panitia Sawaladi Sugihartoyo dari Kantor Kesbangpolinmas saat ditemui di sela-sela acara menyebutkan, an, kegiatan dimaksudkan untuk mempererat dan memperkokoh negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI), pasalnya kondisi sekarang ini ada gradasi/penurunan kepedulian terhadap bela negara.  "Sehingga perlu digugah untuk mengingatkan kembali semangat bela negara di masing-masing daerah," cetusnya .

Menurut dia, selain menghadirkan narasumber dari Kodim 0720 Rembang, kegiatan peningkatan kesadaran bela negara menghadirkan nara sumber dari Polres Rembang dan kantor Kesbangpolinmas. "Nara sumber lain menyampaikan materi kamtibmas untuk mendukung kesadaran bela negara dan pengembangan kesadaran berbangsa dan bela negara untuk memperkokoh ketahanan bangsa," imbunya. (hasan)

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Artis Sinetron Lidya Pratiwi Sampai Terlibat Pembunuhan?

MS Bulganon H. Amir: YASKUM akan Dirikan Sekolah dan Pesantren Gratis

Produksi Minuman Keras Ilegal Merek ‘’Rajawali’’, Komisi B DPRD DKI Minta Pemerintah Tegas Menindak CV Jakarta Indonesia Makmur