MGMP Rembang Gelar Pelatihan Membatik Bagi Siswa SMP

REMBANG-Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Seni dan Budaya di Kabupaten Rembang berinisiatif mengenalkan seni batik di kalangan generasi muda. Untuk itu selama dua hari Kamis (18/11) dan Jumat (19/11) diadakan latihan membatik untuk siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama, dipusatkan di SMPN 5 Rembang.

Salah satu guru MGMP Seni Dan Budaya Puji saat ditemui disela-sela kegiatan menyebutkan, kalau tinggal memakai baju batik, memang mudah. Tetapi sewaktu menghadapi kain, kemudian membuat pola, menggerakkan canthing hingga tahap pewarnaan, bagi yang tidak biasa akan kesulitan.  "Oleh karena itu kita sebagai MGMP Seni dan Budaya di Kabupaten Rembang menggelar pelatihan membatik untuk anak didik kita," terangnya.

Diharapkan melalui kegiatan selama dua hari, mampu menanamkan kecintaan para siswa terhadap batik dan ada upaya lebih lanjut dari pihak sekolah untuk ikut mengembangkan dan melestarikan membatik. "Untuk kegiatan ini sengaja kita gandeng pengurus OSIS SMP sebagai peserta supaya pelatihan tepat sasaran," cetusnya.

Hari pertama pelatihan diisi materi pemantapan teori dan membuat pola batik, sedangkan besok hari Jumat diberikan materi pewarnaan kain batik.Tercatat kegiatan diikuti lebih dari 100 siswa, berasal dari 53 SMP se-Kabupaten Rembang.(hasan

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Artis Sinetron Lidya Pratiwi Sampai Terlibat Pembunuhan?

MS Bulganon H. Amir: YASKUM akan Dirikan Sekolah dan Pesantren Gratis

Produksi Minuman Keras Ilegal Merek ‘’Rajawali’’, Komisi B DPRD DKI Minta Pemerintah Tegas Menindak CV Jakarta Indonesia Makmur