Tuesday, November 16, 2010

Pengunjung DABTRPK Rembang Berwisata Sambil Berderma untuk Korban Merapi dan Mentawai

Keterangan Foto: Pertunjukan musik di tempat wisata Dampo Awang Beach Taman Rekreasi Pantai Kartini (DABTRPK) Rembang

REMBANG-
Empati terhadap pengungsi ternyata bisa juga dilakukan sambil berwisata. Seperti halnya para pengunjung tempat wisata Dampo Awang Beach Taman Rekreasi Pantai Kartini (DABTRPK) Rembang, pada  Minggu pagi(14/11). Sambil berwisata, para pengunjung mendermakan sebagian uang untuk pengungsi dua kawasan yang tertimpa musibah, Mentawai dan Merapi.

Sriyono, Pengelola DABTRPK Rembang pencetus awal ide menyumbang pengungsi Merapi dan Mentawai melalui tempat wisata yang dikelolanya, setelah berembug dengan beberapa seniman musik, akhirnya disepakati mengadakan acara Wisata Plus Berderma. "Bentuk kegiatan yakni menggelar panggung musik terbuka di kawasan wisata DABTRPK, menarik derma dari para pengunjung untuk disumbangkan. Dijadwalkan kegiatan digelar dua kali pada hari Minggu tanggal 14 dan 21 November," terangnya. 

Minggu pagi hingga sore, acara wisata plus berderma ternyata disambut antusias pengunjung. lagu-lagu grup legendaris Koes plus yang disajikan Koes Plus Rembang Fans Club mampu menghibur pengunjung, bahkan diantara mereka tampil menyumbang lagu berikut mendermakan sebagian uang di kotak yang telah disiapkan pengelola. Usai kegiatan dari uang sumbangan pengunjung dihitung, berjumlah 423 ribu rupiah. Pengelola menyisihkan uang penjualan tiket 2 juta rupiah dan dari seorang dermawan diterima derma 1 juta rupiah, total terkumpul 3,423 juta rupiah.

Sriyono menerangkan, Senin esok uang sebanyak 3,423 juta rupiah yang terkumpul dari kegiatan wisata plus berderma akan diserahkan ke Bagian Kemasyarakatan Setda Rembang, mengacu surat edaran Pemkab Rembang. 
"Hasil pengumpulan sumbangan dalam bentuk apapun di instusi naungan pemerintah daerah, harus menyerahkannya ke Bagian Kemasyarakatan Setda Rembang," sebutnya seraya menunjukkan surat edaran.

Menurut dia, kegiatan wisata plus berderma pada hari Minggu depan kembali dilaksanakan, kali ini menampilkan jenis musik dangdut yang akan dimainkan grup El Barca dari kecamatan Sulang. Sedangkan momentum libur Hari Raya Kurban juga direncanakan akan dimanfaatkan untuk menggalang sumbangan dari pengunjung DABTRPK, juga dengan acara pertunjukan musik. "Hanya saja saya belum bisa memastikan grup dari mana yang akan tampil," tuturnya.

Ditambahkan, bila harga tiket pada hari Minggu dan libur sebesar 8 ribu rupiah, maka karcis tanda masuk DABTRPK rembang pada Hari Raya Idul Kurban besok dibenderol 6 ribu rupiah."Dengan perincian 5 ribu masuk pada pengelola, sedangkan seribu rupiah disihkan untuk disumbangkan kepada pengungsi Merapi dan Mentawai," imbuhnya. (hasan)

No comments: