Polres Rembang Gelar Simulasi Penanganan Korban Bencana

REMBANG-Selama tujuh hari mulai tanggal 11 hingga 17 November, Polres Rembang mengadakan simulasi penanganan korban bencana. Kegiatan penangana korban bencana darat berakhir tanggal 14 November kemarin, tiga hari 15 sampai dengan 17 November fokus pada bencana air.

Kapolres Rembang AKBP Kukuh Kalis Susilo didampingi Kabag Ops Kompol Tri Kartono saat ditemui pagi tadi menerangkan, untuk penanganan bencana darat diisi kegiatan panjat tebing, meluncur dan penanganan pertama gawat darurat, dilaksanakan di Mapolres dan sejumlah lokasi penambangan. "Sementara untuk penanganan bencana air meliputi berenang, menyelam dan mendayung, digelar di lokasi wisata Dampo Awang Beach Taman Rekreasi Pantai Kartini (DABTRPK) Rembang," terang Kompol Tri Kartono.

Menurutnya, semua simulasi penanganan korban bencana mengacu standar dasar SAR Nasional, hanya saja menyesuaikan dengan peralatan yang dimiliki Polres Rembang. Namun diakuinya uga jika peralatan SAR yang ada di Polres Rembang tergolong minim, harus segera dilengkapi. "Kami sudah mengajukan tambahan peralatan yang dibutuhkan ke Polda Jawa tengah," ujarnya.

Dia menambahkan, simulasi penanganan korban bencana melibatkan dua pleton anggota Polres Rembang, sejumlah 60 personal. Melibatkan semua kefungsian di Polres Rembang meliputi Samapta, Reskrim, Intelkam dan Satlantas. "Kegiatan ditujukan sebagai persiapan dan kesiapan anggota, apabila sewaktu-waktu terjadi bencana di wilayah kerja Polres Rembang," imbuhnya.(hasan)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama