Presiden SBY Perintahkan Linda Gumelar ke Arab Saudi Pantau Kasus Sumiati

JAKARTA - Kasus TKW yang dipotong mulutnya oleh majikannya di Arab Saudi menjadi perhatian serius Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Selain meminta Kemenlu untuk segera menanganinya, Presiden juga memerintahkan kepada Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar untuk ke Arab Saudi memantau langsung kasus ini.

"Presiden juga perintahkan Menteri Perempuan dan Perlindungan Anak ke Arab Saudi untuk melaksanakan pendampingan kepada saudara Sumiati," kata Menko Polhukam Djoko Suyanto saat jumpa pers di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (16/11/2010).

Presiden juga memerintahkan Menlu untuk membentuk tim khusus mendampingi Sumiatis selama menjadi saksi di pengadilan nanti.

"Kita ingin proses hukum yang tepat dan adil," imbuh Djoko.

Dalam kesempatan yang sama, Menlu Marty Natalegawa memastikan pihaknya langsung bekerja untuk memastikan kondisi Sumiati. Staf Konjen RI di Arab Saudi juga telah mendampingi Sumiati.

"Kondisi kesehatan terus dimonitor, kita mengupayakan laporan medis dari rumah sakit. Konsulat Jenderal sudah menunjuk dokter untuk mendampingi proses ini," kata Marty.

Yang penting, menurut Marty, saat ini adalah memastikan kondisi Sumiati yang stabil dan pulih. Di samping itu, dari aspek kepedulian dan keberpihakan, secara langsung pihak Kemenlu telah menghubungi pihak keluarga Sumiati untuk difasilitasi kepergian keluarganya ke Arab Saudi.

"Tadi malam sudah terbang ke Mataram dan mempersiapkan paspor dinas untuk bersangkutan pergi ke Arab Saudi," imbuh Marti.

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Artis Sinetron Lidya Pratiwi Sampai Terlibat Pembunuhan?

MS Bulganon H. Amir: YASKUM akan Dirikan Sekolah dan Pesantren Gratis

Produksi Minuman Keras Ilegal Merek ‘’Rajawali’’, Komisi B DPRD DKI Minta Pemerintah Tegas Menindak CV Jakarta Indonesia Makmur