Bupati Rembang: Pemkab Kaji Optimalisasi Embung Rowosetro


REMBANG-Pasca pengerukan sedimentasi embung Rowosetro yang berada di desa Tireman kecamatan Rembang kota, Pemerintah Kabupaten Rembang segera melakukan pengkajian optimalisasi nilai ekonomi yang melekat di kawasan tersebut.

"Khususnya untuk mendongkrak capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD)," ucap Bupati Rembang H Moch Salim di sela-sela kegiatan menebar ribuan ekor bibit ikan di embung Rowosetro Sabtu (18/12).

Menurut dia, usai pengerukan sedimentasi yang dibiayaai pemerintah pusat dan pemprov dengan dana pendampingan APBD II, debit air embung Rowosetro semakin meningkat sehingga mencukupi kebutuhan pengairan area pertanian kawasan sekitar. "Namun nilai ekonomi lain juga perlu ditingkatkan dengan cara mengoptimalkan kawasan embung, agar memberikan kontribusi lebih untuk PAD Rembang," paparnya.

Ia tambahkan, dinas/instansi terkait telah diinstruksikan mengadakan pengkajian secara terpadu, membahas peningkatan daya guna kawasan embung Rowosetro.
"Bila memungkinkan, selain masih bisa dimanfaatkan untuk pertanian, juga dikembangkan menjadi wisata air terpadu unggulan dan andalan di Kabupaten Rembang," imbuhnya.

Dengan kondisi sekarang, embung Rowosetro memang layak dioptimalkan, guna memberikan kontoribusi PAD Rembang.  Diantaranya dimanfaatkan sebagai sarana olah raga air, tempat pemancingan ikan sekaligus didirikan rumah makan dan dilengkapi wahana wisata permainan air. (hasan)


Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Artis Sinetron Lidya Pratiwi Sampai Terlibat Pembunuhan?

MS Bulganon H. Amir: YASKUM akan Dirikan Sekolah dan Pesantren Gratis

Produksi Minuman Keras Ilegal Merek ‘’Rajawali’’, Komisi B DPRD DKI Minta Pemerintah Tegas Menindak CV Jakarta Indonesia Makmur