Masyarakat Pesisir Gelar Ritual

Masyarakat Desa Gegunungkulon, Kab. Rembang tampak tengah meggelar ritual sedekah laut. 

REMBANG-Masyarakat yang bermukim di kawasan pesisir Rembang, tepatnya desa Gegunung kulon Kecamatan Rembang kota, hari Kamis   (30/12/2010) menggelar ritual larung sesaji khusus bulan suro. Mereka meyakini dengan menggelar ritual tersebut akan diberkahi saat melaut dan menerima limpahan rizqi, memperoleh tangkapan ikan dalam jumlah banyak usai perayaan.   

Warga desa Gegunung kulon menggelar ritual sedekah laut sebagai wujud syukur dan permohonan keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Diawali dengan melakukan kirab miniatur perahu berisi sesaji berkeliling desa, dikawal kesenian Barong. Kirab keliling menjadi hiburan tersendiri bagi ratusan masyarakat baik setempat atau datang dari desa lain yang menyaksikan.

Sesepuh desa setempat Sutrisno menyebutkan, ritual larung sesaji yang digelar itu merupakan kegiatan rutin yang digelar menjelang hari Jumat terakhir di bulan Sura atau Muharram. Kebetulan besok merupakan hari Jumat terakhir di bulan Sura, sehingga kegiatan ritual diselenggarakan oleh warga.

Dituturkan Sutrisno, biaya penyelenggaraan larung sesaji berasal dari iuran warga yang dominan nelayan. Pemilik kapal, juragan ikan dan nelayan serta warga lain yang bukan nelayan menggalang dana sesuai hasil musyawarah desa. Untuk kegiatan ritual larung sesaji khusus bulan suro tahun ini menghabiskan dana sebanyak 60 juta rupiah.

Usai dikirab keliling desa, miniatur perahu berisi sesaji dilepas ke laut dibawah pengawalan 20 perahu warga setempat. Sekira mencapai jarak 3 mil mereka kembali ke desa untuk merayakan ritual dengan hiburan yang telah dijadwalkan. Antara lain orkes musik, kethoprak dan wayang kulit. (hasan)

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Artis Sinetron Lidya Pratiwi Sampai Terlibat Pembunuhan?

MS Bulganon H. Amir: YASKUM akan Dirikan Sekolah dan Pesantren Gratis

Produksi Minuman Keras Ilegal Merek ‘’Rajawali’’, Komisi B DPRD DKI Minta Pemerintah Tegas Menindak CV Jakarta Indonesia Makmur