Petani Kecamatan Rembang Kota Ramai-ramai Berantas Hama Tikus

REMBANG-Makin bertambahnya populasi tikus merusak tanaman padi yang mulai berisi, membuat puluhan petani yang tinggal di kecamatan Rembang kota merasa geram. Sepanjang Rabu pagi hingga siang (8/12) bersama petugas dari Dinas Pertanian dan Kehutanan warga beberapa desa melakukan pemberantasan hama tikus, hasilnya puluhan tikus ditangkap dan dimusnahkan dengan cara dibakar.

Wardiyo salah satu petani kelurahan Sidowayah kecamatan Rembang kota menjelaskan, perburuan tikus beramai-ramai dilakukan karena tidak kuat menahan rasa jengkel karena pembasmian melalui racun tikus tidak menuai hasil maksimal. "Sebagai jalan terakhir memilih melakukan pemberantasan bersama, antara kelompok tani dibantu petugas dari Dinas Pertanian dan Kehutanan Rembang," ujarnya.

Menurutnya, dari luas lahan pertanian kelurahan setempat, terdata sekitar tiga perempat hektar ditanami padi dan sudah berumur sekira 2 bulan. Masa padi mulai tumbuh justru dirusak hama tikus, sehingga bila dibiarkan khawatir bisa gagal panen. "Seperti yang dialami pada musim tanam tahun lalu," cetusnya.

Terpisah, Masudi petugas pengendali organisme pengganggu tanaman (POPT) Rembang menyebutkan, tercatat sekira 27 hektar lahan pertanian di wilayah kecamatan Rembang terserang hama tikus dan sekitar 200 hektar terancam serangan. "Untuk membantu petani dalam memberantas tikus pihaknya telah memberikan bantuan jenis obat tikus Clerat sebanyak 2 kwintal dan empusan tikus untuk petani," sebutnya.

Dia sarankan para petani untuk menggunakan racun tikus jenis clerat karena tikus setelah memakan racun dalam selang tiga hari dipastikan mati. "Racun tikus sendiri tidak menimbulkan pencemaran dan membahayakan lingkungan," sebutnya.(Hasan)

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Artis Sinetron Lidya Pratiwi Sampai Terlibat Pembunuhan?

MS Bulganon H. Amir: YASKUM akan Dirikan Sekolah dan Pesantren Gratis

Produksi Minuman Keras Ilegal Merek ‘’Rajawali’’, Komisi B DPRD DKI Minta Pemerintah Tegas Menindak CV Jakarta Indonesia Makmur