Produk APE Buatan Sutrisno Mampu Tembus Pasar Luar Pulau

REMBANG-Kerajinan tangan dan alat permainan yang murah, kreatif dan edukatif sangat penting bagi anak-anak di usia pertumbuhan. Permainan yang biasa dikenal dengan nama alat permainan edukatif (APE) tersebut bisa membantu merangsang aspek motorik, afektif, dan kognitif mereka.

Alat peraga pendidikan ini mudah didapat di desa Sendang Mulyo Kecamatan Sluke, salah satunya pengrajin peraga TK dan Alat Peraga Edukatif (APE) Muhamad Sutrisno (42 th) warga RT 01/ 03 desa Sendang Mulyo Kecamatan Sluke. menurut lelaki pecinta anak-anak itu, alat permainan maupun kerajinan tidak harus bagus dan mahal, pasalnya sebagus apapun permainan secara fisik namun minim manfaat tidak memberikan banyak guna. "Aspek edukasi harus menjadi salah satu tolok ukur bagi orang tua saat memilihkan mainan bagi putra-putrinya," ujarnya.

Sutrisno selama kurun waktu lima tahun terakhir memproduksi sekira 80 jenis alat peraga, seperti balok kognitif, balok angka dan puzzle. Harga jual bervariasi menurut bbahan baku dan bentuk APE. "Aneka APE diperjual belikan dengan harga yang variatif. Untuk balok robot dihargai Rp 50.000 per item, sedangkan menara segitiga Rp 24.000, puzzle binatang seharga Rp 42.000 dan masih banyak lagi macamnya," ungkapnya.

Ia menambahkan, produksinya dijual ke hampir seluruh kota di Jawa dan Bali serta ke sejumlah daerah di luar Jawa seperti Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera. "Ragam alat-alat peraga edukasi ini meski sekilas tampak sederhana tapi memenuhi kebutuhan hiburan maupun pendidikan," imbuhnya.(hasan)  

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Artis Sinetron Lidya Pratiwi Sampai Terlibat Pembunuhan?

MS Bulganon H. Amir: YASKUM akan Dirikan Sekolah dan Pesantren Gratis

Produksi Minuman Keras Ilegal Merek ‘’Rajawali’’, Komisi B DPRD DKI Minta Pemerintah Tegas Menindak CV Jakarta Indonesia Makmur