Warga Perum Villa Bekasi Indah Gotong Royong Perbaiki Jalan Lingkungan


-Dua Tahun Pemkab Bekasi Membiarkan Jalan Rusak

BEKASI-Meski tidak mendapat respon dari pemerintah daerah, warga di lingkungan Perumahan Villa Bekasi Indah II Rt 004/010, Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan, tetap berinisiatif memperbaiki jalan lingkungan berukuran 5 x 3 meter yang menghubungkan tiga desa di dua kecamatan yakni Tambun Selatan dan Tambun Utara. Namun demikian, hal ini menjadi catatan buruk bagi pemerintah daerah terkait pelayanan publik yang kurang maksimal.

Melalui gotong royong swadaya masyarakat ini, jalan ini akhirnya dapat dilewati oleh sejumlah kendaraan roda dua maupun roda empat. Sebelumnya, jalan penghubung di tiga desa yakni Mangunjaya, Jejalen serta Sumberjaya itu sulit dilewati para pengguna jalan.Sejak dua tahun terakhir jalan tersebut dalam kondisi rusak dan berlubang, apalagi musim penghujan tiba jalan pun tergenang air.

"Alhamdulillah, atas inisiatif warga di lingkungan Rt 004/010 serta partisipasi masyarakat pengguna jalan, pembangunan dengan nilai Rp16 juta ini selesai selama dua bulan, meski bulan Ramadhan sempat terhenti," tutur Penasehat RW 010, Jamiruddin, kemarin.

Dikatannya, selama pembangunan berjalan sumbangan swadaya masyarakat itu berupa uang, bahan material maupun hasil dana para penggunan jalan.

Dikatakannya, insfrastruktur jalan lingkungan seharusnya menjadi tanggungjawab pemerintah daerah. Sebab, jalan merupakan salah satu kebutuhan masyarakat sebagai akses transportasi darat.

Sebelumnya, kata Jamiruddin, pihaknya telah mengusulkan proposal jalan kepada pemerintah daerah melalui dana aspirasi dewan pada 2008 lalu. Namun, dua tahun terakhir ini tidak ada perhatian atau respon tersebut. "Seperti tiga titik jaling yang berada di jalan raya Villa Bekasi Indah II, di dalam perumahan jalan Catelia Blok C 10, juga termasuk jalan swadaya masyarakat yang baru selesai dikerjakan," sebut Avo panggilan akrabnya. Padahal, sambung Avo, sudah tiga kali mengajukan proposal tersebut, namun tidak ada yang tembus.

Proposal terakhir tengah diajukan untuk pembangunan jalan di Kampung Pulo, Desa Sumberjaya, sepanjang 500 meter yang berbatasan antara Perumahan Villa Bekasi Indah II dengan Puri Cendana. "Kami ajukan proposal ini Tahun Anggaran 2011 mendatang," ujarnya.(dharma)

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Artis Sinetron Lidya Pratiwi Sampai Terlibat Pembunuhan?

MS Bulganon H. Amir: YASKUM akan Dirikan Sekolah dan Pesantren Gratis

Produksi Minuman Keras Ilegal Merek ‘’Rajawali’’, Komisi B DPRD DKI Minta Pemerintah Tegas Menindak CV Jakarta Indonesia Makmur