Raskin Ke 13 Untuk RTS Akan Segera Direalisasikan


Kepala Bagian Admistrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Muntoha

REMBANG-Karena pelaksanaan distribusi raskin alokasi tahun 2011 baru disosialisasikan pertengahan bulan Januari ini, maka Gubernur Jawa Tengah H Bibit Waluyo menginstruksikan agar pemerintah kabupaten atau kota menyalurkan raskin ke 13. Diharapkan sebelum pelaksanaan rakor raskin di tiap kabupaten atau kota digelar, raskin ke 13 tersebut sudah disalurkan ke rumah tangga sasaran (RTS).
 
Kepala Bagian Admistrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Muntoha di ruang kerjanya, Senin (3/1/2011) menerangkan,  untuk mengurangi beban masyarakat kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan pangan, maka Gubernur Jawa tengah H Bibit Waluyo telah mengirim  surat pemberitahuan bila pemkab atau pemkot diintruksikan menyalurkan raskin ke 13 di bulan Januari ini. Tiap RTS menerima raskin sebanyak 15 kilogram dengan harga tebus Rp 1.600

Namun sebut Kepala Bagian Admistrasi Perekonomian Muntoha, sesuai dengan petujuk teknis pelaksanaan distribusi raskin ke 13, baru distribusikan apabila telah melunasi pembayaran raskin tambahan 2 kilogram kali 7 bulan yang disalurkan pada bulan Desember lalu. Oleh karena itu diimbau agar desa-desa yang belum melunasi secepat mungkin membayar agar segera menerima raskin ke 13.

Ditambahkan oleh Kepala Bagian Admistrasi Perekonomian Muntoha, dari Satker raskin Kabupaten remabng dietahui dari total uang penebusan raskin tambahan sejumlah Rp 1.576.377.600 baru tertagih sekira 88%, belum terbayar sekira Rp 200 juta an. dari 14 kecamatan se-kabupaten Rembang, baru 2 kecamatan yang telah lunas, yakni lasem dan Gunem.    

Terpisah, Kepalas Gudag Dolog Rembang Handoko saat ditemui menjelaskan, pihaknya siap menyalurkan raskin ke 13 di bulan januari ini. Stok beras di gudang Dolog sendiri mencukupi, hingga Maret 2011 ada persediaan sekira 4000 ton.

Handoko lebih lanjut menyampaikan, untuk pendistribusi raskin tahun 2011 juga tidak akan menemui kendala. Karena pada bulan Januari dan Februari lahan pertanian di kabupaten Rembang panen raya, akan dilakukan pengadaan beras untuk menambah jumlah stok raskin alokasi tahun ini.  

Untuk raskin ke 13, pemkab Rembang menyalurkan beras sebanyak 1.055.610 kilogram kepada 70.374 rumah tangga sasaran, dengan harga tebus Rp 1.600 per kilogram.(hasan)

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Artis Sinetron Lidya Pratiwi Sampai Terlibat Pembunuhan?

MS Bulganon H. Amir: YASKUM akan Dirikan Sekolah dan Pesantren Gratis

Produksi Minuman Keras Ilegal Merek ‘’Rajawali’’, Komisi B DPRD DKI Minta Pemerintah Tegas Menindak CV Jakarta Indonesia Makmur