PWI Kab. Bogor Kumpulkan 68 Kantong Darah

BOGOR-Acara donor darah PWI Kabupaten Bogor dalam rangka memperingati HUT PWI ke-65, Selasa (22/02) berhasil mengumpulkan 68 kantong darah yang terdiri dari golongan darah A, B, AB dan O. Koordinator aksi donor darah Untung Bachtiar mengatakan, tahun ini peserta dan kantong darah yang terkumpul lebih banyak dibandingkan tahun kemarin.

“Jika tahun kemarin kita hanya mengumpulkan 65 kantong darah, alhamdulilah tahun ini mengalami peningkatan menjadi 68 kantong. Jumlah pendonor juga mengalami peningkatan walaupun ada beberapa
diantara mereka yang tidak bisa menyumbangkan darahnya karena berbagai faktor,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala UTD Cabang PMI Kabupaten Bogor yang diwakili oleh dr. Ratih Dewanti menerangkan, dari 101 orang pendonor yang mendaftar, yang layak diambil darahnya hanya 68 orang.

“Peminatnya cukup banyak, namun karena berbagai factor seperti tinggi rendahnya tensi darah dan HB membuat calon pendonor tidak bisa mendonorkan darahnya” tandasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam aksi yang dimotori oleh PWI Kabupaten Bogor, pihaknya berhasil mengumpulkan 19 kantong darah golongan A, 18 kantong darah golongan B, 3 kantong darah golongan AB, dan 28 kantong darah golongan O.

“Pendonor golongan darah AB memang cukup langka, tapi angka ini juga sudah bagus karena sudah melampaui target kami” imbuh Ratih.

Ketua PWI Kabupaten Bogor, H. Danang Donoroso mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi dalam mensukseskan acara ini. Insyaallah acara ini akan menjadi agenda tahunan PWI Kabupaten Bogor” terangnya.

Diterangkan Danang, selain menggelar aksi serupa di sekretariat PWI Kabupaten Bogor pada saat memperingati HPN dan HUT PWI, ke depannya pihaknya juga akan mencoba memotori kegiatan donor darah di lokasi lain.

“Tidak hanya menyelenggarakan di sekretariat PWI, kedepannya PWI Kabupaten Bogor juga akan mencoba memotori aksi serupa ditempat lain, agar bisa menyentuh langsung masyarakat sehingga membangkitkan kesadaran mereka akan pentingnya donor darah” pungkasnya.

Acara donor darah PWI ini diikuti ratusan pendonor yang berasal dari Polres Bogor, Kodim 0621 Kabupaten Bogor, SKPD, dan insan pers yang melaksanakan tugas jurnalistik di Kabupaten Bogor.

Bahkan Kapolres Bogor AKBP Dadang Raharja pun tidak mau ketinggalan dalam aksi ini. Tidak hanya memerintahkan anggotanya untuk ikut donor darah, mantan Kapolres Lebak ini juga ikut mendonorkan darahnya.

“Kita harus menjadikan donor darah sebagai kebiasaan hidup, karena selain bisa menolong saudara-saudara kita yang membutuhkan, donor darah juga bagus untuk kesehatan tubuh” tandasnya.

Dadang juga menyampaikan apresiasinya terhadap PWI Kabupaten Bogor. Dia berharap acara donor darah ini tetap berlanjut di waktu-waktu yang akan datang.

“Ini kegiatan yang sangat mulia, jadi harus dilestarikan. Semoga kedepannya PWi tetap konsisten dengan acara kemanusian seperti donor darah ini” katanya. (wartamerdeka.com/saiful Kurnia)

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Artis Sinetron Lidya Pratiwi Sampai Terlibat Pembunuhan?

MS Bulganon H. Amir: YASKUM akan Dirikan Sekolah dan Pesantren Gratis

Produksi Minuman Keras Ilegal Merek ‘’Rajawali’’, Komisi B DPRD DKI Minta Pemerintah Tegas Menindak CV Jakarta Indonesia Makmur