HUT Akbar Kelenteng Mak Co Diperkirakan Akan Bikin Macet Selama 4 Jam

REMBANG - HUT akbar Kelenteng Mak Co Tjoe Hwie Kiong yang ke 171 pada puncak peringatan hari Minggu (1/5) kota Rembang diperkirakan akan macet selama hampir empat jam. Hal itu terkait kehadiran seluruh perwakilan kelenteng di P Jawa dan Madura.

Demikian disampaikan Ketua Panpel peringatan 10 tahunan Kelenteng Mak Co “ Tjoe Hwie Kiong”, Waluyo kepada wartawan di kompleks kelenteng Jl Pelabuhan No.1 Rembang, kemarin.

Waluyo mengatakan,  menurut rencana pawai arak-arakan akan dibuka Bupati Rembang dan panitia. Dia , meminta  maaf jika selama hampir empat jam kota Rembang akan mengalami kemacetan,” jelas Waluyo, sembari menambahkan jika pihak panitia sudah melibatkan sekitar  800 personil pengamanan, baik dari Polres,Kodim 0720, Satpol PP  dan Linmas setempat. 

Diperoleh keterangan pula, pada pawai akbar tersebut akan diikuti perwakilan dari seluruh kelenteng di P Jawa dan Madura dengan total peserta sebanyak 63 peserta yang akan mengarak “Shin Bing” ( arca,red). Dari registrasi peserta, peserta dari Cilacap ( paguyuban aliran kepercayaan) sekitar 350 orang disusul kemudian peserta dari Yogyakarta juga sekitar 300 orang.

Karena banyaknya peserta kirab, pada H-1 pawai, seluruh hotel di kota Rembang, Lasem, Blora,Pati bahkan Kudus sudah penuh karena diboking peserta dari luar kota. Ribuan pengunjung dipastikan akan memadati kota Rembang pada saat pawai nanti.

Terpisah Komandan Kodim 0720 Letkol Dedi jusnar hendrawan dan AKBP Adhi Fandhy Ariyanto Kapolres Rembang saat dikonfirmasi terkait keamanan  menyatakan kesiapan anak buahnya untuk mengamankan prosesi sepuluh tahunan tersebut. “ dengan adanya acara tradisi sepuluh tahunan ini Kami bersama Panitia sudah menggelar rapat  sepenuhnya bekerja sama untuk mengamankan acara kirab dan telah mempersiapkan Renpam dengan matang antisipasi titik rawan kemacetan ,laka dan kriminalitas  diacara kirab yang rencananya akan dipenuhi 4500 undangan

Karena kegiatan tradisi tersebut skala nasional pihaknya akan melakukan pengamanan ekstra dengan mengerahkan anggotanya sebanyak 150 personil TNI 300 Anggota  Polres  ditambah Satpol PP ,GP Ansor  dan PAM Swakarsa apabila dirasa kurang kodim dan Polres akan meminta bantuan personil dari Bataliyon 410 dan Brimob Kapolres dan Dandim Rembang juga meminta partisipasi masyarakat agar acara tersebut lancar, aman dan paling terutama arus lalin di jalur pantura sudah kami siapkan pengaturannya,” jelas Kapolres. (\hasan)

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Artis Sinetron Lidya Pratiwi Sampai Terlibat Pembunuhan?

MS Bulganon H. Amir: YASKUM akan Dirikan Sekolah dan Pesantren Gratis

Produksi Minuman Keras Ilegal Merek ‘’Rajawali’’, Komisi B DPRD DKI Minta Pemerintah Tegas Menindak CV Jakarta Indonesia Makmur