Ratusan Buruh yang Tergabung Dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Demo PLN Purwakarta

PURWAKARTA (wartamerdeka.com) - Ratusan Buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Cabang Purwakarta baru-baru ini melakukan demo di depan kantor PLN. Hal ini terkait dengan masalah kesejahteraan para buruh Outsorsing yang di pekerjakan PT Mitra Insan Utama (PT.MIU) di PLN. Adapun tuntutan para buruh meliputi kesejahteraan, hal ini sebagaimana di sampaikan ketua konsulat FSPMI Cabang Purwakarta (Fuad). “Kami menuntut kesejahteraan para karyawan, hentikan mutasi, hentikan intimidasi kepada buruh PT MIU,” ujarnya kepada wartawan . 


“Di samping hal tersebut ratusan buruh yang tergabung dalam FSPMI juga meminta agar para buruh yang di rumahkan sebanyak 160 orang agar di pekerjakan kembali walaupun saat ini telah 40 orang di panggil untuk kembali bekerja namun sisanya akan dimutasi ke berbagai daerah,” ujarnya lagi.
 
Hal senada juga di sampaikan Humas PLN Purwakarta (Ajat). “Berhubung mereka (para pendemo) datang ke kantor PLN, ya... terpaksa kita juga memfasilitasi mereka untuk melakukan pertemuan dengan pihak terkait terutama PT.MIU , adapun selanjutnya kita akan melakukan mediasi dengan para buruh yang tergabung dengan FSPMI dan PT. MIU yang seharusnya di fasilitasi Disnakertrans Purwakarta,” ujarnya.



Menindak lanjuti para pendemo akhirnya pihak PLN melakukan rapat dengan berbagai pihak terkait termasuk dengan perwakilan PT. MIU unit Purwakarta hal ini di lakukan karena para pendemo salah alamat seharusnya mereka melakukan demo kepada PT. MIU bukan PLN karena yang memiliki kewenangan penuh untuk menindaklanjuti tuntutan para buruh adalah PT. MIU. Hal ini seperti yang disampaikan Manajer PLN Purwakarta, Bambang.W. saat memberikan Konfrensi Pers kepada para wartawan. “Mereka (para pendemo) salah alamat karena seharusnya mereka berdemo ke PT. MIU selaku atasan mereka dan PLN sama sekali tidak ada urusan secara langsung dengan mereka (para buruh) karena yang mempekerjakan mereka adalah PT. MIU bukan PLN,” ujarnya.

Sementara kepala unit PT. MIU (Budi) saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan: “saya tidak memiliki kewenangan untuk menjawab berkaitan dengan demo para buruh PT. MIU di depan kantor PLN sebelum mendapatkan arahan dari Pusat”. 

Saat ditanya tentang buruh yang dirumahkan Budi mengatakan: “itu kewengan manajemen pusat dan benar memang ada yang dirumahkan adapun jumlah pastinya saya ga tau”. (Asep Budiman)

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Artis Sinetron Lidya Pratiwi Sampai Terlibat Pembunuhan?

MS Bulganon H. Amir: YASKUM akan Dirikan Sekolah dan Pesantren Gratis

Produksi Minuman Keras Ilegal Merek ‘’Rajawali’’, Komisi B DPRD DKI Minta Pemerintah Tegas Menindak CV Jakarta Indonesia Makmur