SDN Citekokaler Kembangkan Bidang Pendidikan Lingkungan Hidup

Views:
Video Information

Piala yang berhasil diraih
PURWAKARTA (wartamerdeka.com) - SDN Citekokaler merupakan salah satu sekolah yang memiliki siswa-siswi berprestasi dalam bidang pendidikan akademik maupun non akademik. Bahkan, sejak tahun ajaran 2009-2010 SDN Citekokaler yang berlokasi di wilayah Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta ini telah berupaya mengembangkan pendidikan ekstrakurikuler di bidang Pendidikan Lingkungan Hidup.

Kepala SDN Citekokaler Suherman menerangkan bahwa SDN Citekokaler kini mengemban Visi menjadi salah satu sekolah terhijau di tingkat Kabupaten Purwakarta pada tahun 2013.

Sedangkan misinya diantaranya adalah meningkatkan rasa kepedulian pada guru akan keindahan taman atau lingkungan hidup, menanamkan kecintaan siswa terhadap keindahan lingkungan, menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, dan memperbanyak atau menambah sarana penghijauan dengan tanaman hias dan apotek hidup.

Ketika muncul Visi Misi berkaitan erat dengan soal penghijauan alam, maka Pihak SDN Citekokaler terus berupaya mengembangkan Pendidikan Lingkungan Hidup, sehingga menjadi salah satu sekolah yang memiliki siswa/siswi cinta akan penghijauan dan peduli akan kelestarian alam khususnya di lingkungan sekolah.

Taman yang tampak asri di SDN Citekokaler
Sementara, dalam pengembangan bidang PLH ini, yakni diawali dengan menyediakan berbagai jenis macam kembang atau bunga-bungaan yang di tanam di sekitar lingkungan sekolah. “Semua jenis bunga itu ada yang ditanam langsung di tanah maupun di tanam di pot bunga,”ungkap Suherman.

Saat bersamaan Nani Rohyani, S.Pd selaku Bendahara dan juga Koordinator di Bidang PLH menambahkan bahwa kegiatan penghijauan alam di lingkungan SDN Citekokaler ini sudah sejak lama menjadi dambaan para guru maupun seluruh murid disini. Sehingga sampai saat ini pun siswa terus diarahkan agar peduli akan penghijauan alam khususnya sekitar lingkungan sekolah maupun di lingkungan alam sekitarnya.

Tiap pagi sebelum masuk jam pelajaran para murid secara bergiliran merawat dan menyiram bunga-bunga itu. Bahkan, di saat musim kemarau ini kendalanya adalah kekurangan air, maka para murid pun diarahkan setiap berangkat sekolah agar membawa air dalam botol aqua untuk menyiram tanaman tersebut.

Selain di bidang PLH, dalam bidang olahraga pun siswa-siswi SDN Citekokaler memiliki prestasi cukup gemilang. Ketika ada kegiatan Porseni, baik di tingkat Kabupaten maupun provinsi ada siswa yang meraih juara. Diantaranya pada tahun ajaran 2009-2010 digelar kegiatan Pekan Olahraga Pelajar (POP) SD/MI/SMP dan SMA, Siswa SDN Citekokaler meraih Juara I dalam Perlombaan Sepakbola Mini Putra. Porseni tahun 2009-2010 tingkat Provinsi Jabar dalam bidang olahraga Tenis Meja Putri diraih siswi bernama Siti Habsoh dan berhasil menjadi juara I dan Juara I dalam Pertandingan Catur Putri diraih siswi bernama Maya Siti Nurjamil. Bahkan, pernah ada siswa yang berhasil menjuarai di bidang Lomba Mata Pelajaran (LMP) Matematika yakni diraih siswa bernama Johan pada Porseni Tingkat Kabupaten Purwakarta tahun 2009 lalu.”

“Mudah-mudahan, ini merupakan suatu prestasi yang bisa dipertahankan, baik dalam perkembangan di bidang PLH maupun di bidang olahraga. Sehingga, siswa-siswi inipun diharapkan terus berlatih dan belajar semaksimal mungkin guna menjadi murid yang terunggul berprestasi dalam bidang pendidikan akademik maupun non akademik di tingkat kabupaten maupun provinsi,”pungkas Nani Rohyani. (Andhi)

Similar Videos