Paham Kebangsaan Harus Masuk Pendidikan Berkarakter

Views:
Video Information

Dandim Rembang Letkol ARM Dedy JH

REMBANG (wartamerdeka.com) - Pengembangan pendidikan berkarakter yang mulai dilaksanakan pada tahun pelajaran 2011/2012 selain memberikan porsi besar pada kearifan lokal, tentunya juga harus memasukkan paham kebangsaan, supaya rasa cinta terhadap tanah air tidak luntur. Demikian antara lain disampaikan Komandan Kodim 0720 Rembang, Letkol ARM Dedy Jusnar Hendrawan pada acara sosialisasi ujian nasional di Gedung PKPRI Rembang, Kamis (12/1).  Disebutkan, bila wawasan dan paham kebangsaan tidak perlu diajarkan terpisah sebagai mata pelajaran tersendiri, hanya perlu lebih dikuatkan dan menyatu dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan/PPKN yang diajarkan di sekolah.

“Setidaknya diberi alokasi lebih banyak sebagai bahan ajar kepada siswa, sesuai dengan jenjang pendidikan agar mudah dimengerti dan dipahami,” cetusnya.

Menurut dia, saat ini terindikasi degradasi dalam semangat berbangsa dan bertanah air dalam kehidupan masyarakat, hal tersebut jangan sampai berimbas kepada para pelajar yang nota bene merupakan generasi penerus Bangsa Indonesia.


“Jiwa nasionalisme mereka harus terus dijaga dan perlu ditingkatkan supaya lestari, selanjutnya diarahkan agar mempunyai tekad untuk memajukan negaranya dan sejajar dengan negara maju lainnya,” tegasnya.

Sesekali apabila sekolah ingin mendatangkan mentor dari luar sekolah untuk memberikan pendidikan wawasan kebangsaan dan implementasinya, jajaran Kodim 0720 Rembang siap diterjunkan, bahkan secara pribadi Letkol ARM Dedy Jusnar Hendrawan siap berdiri di depan kelas untuk memberikan pengetahuan yang sangat urgen tersebut.

“Dengan catatan diluar kesibukan dan sebelumnya pihak sekolah mengajukan permohonan untuk mengatur waktu pelaksanaannya,” pungkasnya.  (hasan)


(sumber: www.wartamerdeka.com)
Similar Videos