Pemkab Purwakarta Anggarkan Lisdes Sebesar Rp 13,5 Miliar

Views:
Video Information

PURWAKARTA (wartamerdeka.com) - Program Listrik Desa  akan diberikan secara gratis kepada 9932 kepala keluarga (KK), yang tersebar di 192 desa dan kelurahan di 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Purwakarta tahun 20012 ini.   Untuk program itu, Pemkab Purwakarta telah menyiapkan anggaran  sebesar Rp13,5 Miliar.


Kepala Dinas Pertambangan Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tarsamana Setiawan kepada wartawan mengatakan, yang belum mendapatkan bantuan Listrik Desa di Kab Purwakarta sampai saat ini tercatat sebanyak 15.500 KK. Anggaran pemenuhan kebutuhan Lisdes sendiri bukan saja bersumber dari APBD Kabupaten saja, tapi juga dari APBD Propinsi dan APBN.  Untuk bantuan APBD Propinsi, berkaitan dengan Program Gubernur Jawa Barat yakni Program Jabar Caang 2012, Purwakarta mendapat alokasi Lisdes 1.402 KK. Rencananya dialokasikan ke empat wilayah Kecamatan, di antaranya Kecamatan Jatiluhur, Sukatani, Bojong dan Manis.

Sedangkan, untuk realisasi penyambungan Lisdes di Purwakarta tahun 2012 itu sendiri pihaknya segera Menyerah kan Dokumen ke Pusat Layanan Pengadaan Barang Dan Jasa (PLP) Kabupaten Purwakarta Untuk kemudian di Lelangkan, Insya Alloh Tahun Ini ke 9932 KK Penerima Manfaat dapat segera menikmati Lisdes.

Dikatakan juga oleh Tarsamana,untuk mendukung percepatan program lisdes di kabupaten Purwakarta, tentu saja harus ada perubahan Paradigma pembangunan listrik, sebab untuk memberikan pelayanan Kepada masyarakat termasuk pemberian Fasilitas Listrik. "Bukan hanya tanggung jawab Pemerintah Daerah saja, tapi juga Pemerintah Pusat, antara PLN dan ESDM jangan bekerja masing masing karena itu paradigma lama. Sebab tidak akan mempercepat program Lisdes di daerah,’’ ungkapnya. (Asep Budiman)
Similar Videos