Jelang H.U.T Kelenteng Cu An Kiong Lasem Panitia Terus Lakukan Persiapan

Views:
Video Information

REMBANG (wartamerdeka) - Panitia penyelenggara HUT Makco Thian Siang Sing Bio Kelenteng Cu An Kiong Desa Dasun Lasem terus melakukan persiapan guna mem Kelenteng Cu An Kiong persiapkan gawe besar yang melibatkan ribuan tamu. Utamanya berkoordinasi dengan intitusi lain terkait rangkaian acara yang diselenggarakan.

Sekertaris panitia penyelenggara Hanny Yolando di ruang sekretariat siang kemarin menjelaskan, ulang tahun Makco sebenarnya jatuh hari Jumat 13 April dan dijadwalkan dikirab keliling Kecamatan Lasem. Namun karena pengurus kelenteng dari daerah lain berkenan ikut serta, maka kegiatan diundur pekan mendatang. Kamis malam dan Jumat pagi diisi sembahyang leluhur di Kelenteng Cu An Kiong, diikuti warga tionghoa setempat.

Untuk arak-arakan lanjut Hanny, kegiatan dinamakan kirab akbar dan baru kali ini dilaksanakan dalam rangka merayakan HUT Maco Thian Siang Sing Bo Kelenteng Cu An Kiong Lasem, digelar Minggu 22 April mendatang. Perhelatan yang tergolong besar tersebut nanti diikuti 44 kelenteng tamu, lima puluh porsen berasal dari wilayah Jadebotabek (Jakarta-Depok-Bogor-Tangerang dan Bekasi), lainnya dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, bahkan ada yang datang dari Manado yakni Tay Seng Bio.


Menurut Hanny, satu kehormatan bagi panitia penyelenggara sekaligus tuan rumah Kelenteng Cu An Kiong, karena semua kelenteng tamu yang ikut andil dalam kegiatan kirab akbar mengirimkan kim sien/patung dewa utama masing-masing. Dari daftar peserta sejumlah 44 kelenteng tamu tercatat kim sien yang akan diarak sebanyak 73 patung dan 53 unit tandu besar puluhan joli berukuran kecil.

Ditambahkan, kirab akbar terhitung peristiwa tergolong langka sehingga akan menjadi hiburan menarik bagi warga Rembang dan sekitarnya. Persiapan panitia penyelenggara kurang lebih mencapai 80% dan terus melakukan koordinasi dengan pihak lain yang terkait agar kegiatan berlangsung sukses dan berjalan lancar.(hasan)
Similar Videos