Kasat Lantas Minta Masyarakat Sadar Lalulintas

Views:
Video Information
Salah satu contoh pelanggaran yang bisa merugikan semua pihak
baik penumpang maupun awak kendaraan.
REMBANG (wartamerdeka.com) - Semenjak tanggal 13 April, jajaran Satuan Lalulintas Polres Rembang mulai melakukan operasi penertiban lalulintas yang dinamakan  operasi citra polantas 2012. Dalam operasi ini, rencananya akan difokuskan pada sembilan prioritas pelanggaaran. Kapolres Rembang AKBP Adhy Fandy Ariyanto melalui Kasatlantas AKP Dudi Pramudia, Selasa  (16/4/2012) menyebutkan, kesembilan pelanggaran yang akan menjadi prioritas sebagian besar terdiri dari kelengkapan mengendara, fungsi kendaraan, beban muatan serta ketertiban dalam mematuhi rambu lalulintas.”Operasi citra ini digelar dalam waktu tiga minggu, mulai Jumat (13/4) hingga Kamis (3/5),” jelasnya.

AKP Dudi Pramudia  menjelaskan, dalam operasi ini, polantas diperbolehkan melakukan penilangan di manapun tanpa terdapat operasi gabungan yang dikoordinir oleh satlantas polres rembang. Hal ini dikarenakan setiap polantas di berikan kewenangan untuk melakukan tindakan apabila sang pengendara terbukti melakukan kesalahan.”Ini dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran akan kelengkapan dan pematuhan terhadap lalulintas,” terangnya.


Pihaknya menyebutkan, target operasi citra polantas tersebut, tidak hanya diperuntukkan untuk sepeda motor ataupun mobil. Akan tetapi operasi juga  dilakukan untuk semua tipe kendaraan. Seperti halnya, angkutan umum , anatara lain truk  bahklan kendaraan roda tiga yang saat ini dialih fungsikan sebagai angkutan.”Yang paling utama   diperhatikan adalah kendaraan roda tiga yang digunakan sebagai angkutan untuk manusia. Itu juga menjadi prioritas, karena keselamatan manusia tidak terjamin,” katanya.

Kasat lantas menambahkan, selain kendaraan  roda tiga, truk dan kendaraan roda empat yang melebihi tonase muatan juga akan menjadi perhatian tersendiri. Apalagi kalau mobil yang melebihi muatan tersebut memang melaju di jalur cepat pentura, sehingga dapat mengacu terjadinya kemacetan dan kecelakaan.”Jadi, kami pastikan dalam operasi ini kami tidak akan tebang pilih. Jika ada pelanggaran maka langsung ditilang,” tandasnya.

Kasatlantas  berharap kepada masyarakat dapat melengkapi perlengkapan berkendara sebelum keluar rumah. "Dan mentaati peraturan lalu lintas, sehingga kesadaran akan pentingnya berkendara bisa diwujudkan,” pungkasnya. (Hasan)
Similar Videos