Speedboat Milik Dinsos Tuban Mangkrak

Views:
Video Information

TUBAN (wartamerdeka.com)- Wilayah geografis kabupaten Tuban termasuk salah satu daerah rawan bencana maupun musibah di Jawa Timur, terutama saat musim penghujan. Daerah sekitar sungai bengawan Solo sering dilanda banjir. Sedangkan di laut saat ombak laut besar, tak jarang banyak nelayan yang tenggelam.  Kanwil Dinas Sosial Jawa Timur dalam tanggap darurat terhadap musibah banjir maupun bencana di laut telah memberi bantuan 2 speedboat untuk Dinas Sosial Pemksb Tuban. Bantuan speedboat tersebut, pertama diberikan pada tahun 2006 dan bantuan berikutnya diberikan tahun 2008.

Namun, sayangnya, nampak dua buah speedboat yang diparkir di halaman belakang kantor Dinsos dalam kondisi tak terawat. Banyak bagian kelengkapan speedboat yang hilang, bahkan rusak karena dimakan usia. Sementara ban gerobak pengangkut speedboat juga tampak kempes. Salah seorang  staf Dinas Sosial kabupaten Tuban saat dikonfirmasi wartawan  mengatakan kenator Dinsos Tuban memang memiliki 2 speedboat.


“Selama kami menerima bantuan speedboat pada tahun 2006 dan 2008, sama sekali belum pernah digunakan, karena keterbatasan SDM, maka speedboat kami biarkan saja. Pernah dulu mau dipinjam oleh pihak Polres, tapi tidak jadi,” ujar Suminto.

Kepala Dinas Sosial kabupaten Tuban, Nurjanah SH mengatakan tidak mengetahui hal tersebut, karena baru menjabat. “Saya baru menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial, jadi kurang tahu masalah itu. Coba saya akan tanyakan sama pak Suminto, karena Ia pegawai lama di Dinsos,” katanya.

Perlu diketahui, setiap terjadi musibah di laut yang dialami para nelayan, bantuan selalu datang terlambat. Selama ini speedboat yang sering dimintai bantuan adalah milik Keamanan Laut Terpadu (Kamladu) di Karangagung kecamatan Palang. “Lamanya bantuan yang datang, tak jarang korban tidak dapat ditemukan,” keluh Darji, seorang nelayan Palang.(Mas)
Similar Videos