TNI Dan Rakyat Jebol Tanggul Buka Akses Jalan di Temanggung

Views:
Video Information

TEMANGGUNG (wartamerdeka.com) - Berdasarkan hasil Musrenbang Desa Bantir Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung, ratusan warga dengan dibantu 40 Anggota Kodim 0706/Temanggung pimpinan Pelda Jimmy Mahendera Dhata menjebol tanggul sawah guna membuka jalan tembus sepanjang 20 meter dengan lebar 3 meter yang menghubungkan  antara  Dusun Misran menuju  Dusun Tempal  desa setempat, kemarin.
         
Kades Bantir Sarjito kepada wartawan mengatakan, pembukaan jalan yang relatif pendek tersebut menggunakan tanah bengkok yang dulunya diperuntukan untuk Sekretaris desa (Sekdes) akan tetapi saat ini sekdes tidak berhak mendapatkan tanah bengkok tersebut karena Sekdes saat ini berasal dari PNS.

         
“Jalan tembus tersebut  sangat diperlukan oleh warga setempat karena jalan tembus tersebut digunakan warga apabila akan kesawah mengangkut hasil pertanian. Dengan adanya jalan tersebut maka warga tidak perlu harus memutar kampung apabila akan pergi ke sawah. Disamping itu saluran  irigasi yang berada di sisi jalan tersebut juga akan lebih efektif mengaliri sawah yang berada di sekitar jalan baru,” jelas Kades Bantir Sarjitro.
         
Diperoleh keterangan pula jika pembukaan jalan tersebut  merupakan syarat untuk pengajuan PNPM mandiri, bahkan untuk program tahun depan, sepanjang jalan kampung ini akan diperkeras dengan  betonisasi yang juga menggunakan dana PNPM Mandiri. “Karena medan yang cukub berat, maka kami merasa perlu meminta bantuan TNI guna membuka jalan tembus agar cepat selesai dan menghemat biaya, kami merencanakan kegiatan karya bhakti pembukaan jalan bersama TNI dengan warga  selama  empat hari dan pada hari jum’at mendatang akan ditutup dengan kegiatan Sholat Jum’at bersama warga -  TNI di masjid setempat,” tambah Kades Bintir.
         
Ditemui di sela-sela kegiatan, Komandan Koramil 05/Candiroto Kapten Inf Suripto kepada wartawan  mengatakan, berdasarkan permintaan aparat desa Bantir, jajaran Kodim telah diperintahkan oleh Dandim 0706/Temanggung untuk  membantu pembukaan jalan tembus warga Desa Bantir. “Kegiatan tersebut juga merupakan program pembinaan teritorial yang sedang digalakkan  oleh Kodim 0706/Temanggung guna membantu kesulitan rakyat,” jelas Kapten TNI Suripto.(hasan)
Similar Videos