SDN Blang Sukon di Pidie Jaya Jadi Percontohan Sekolah Ramah Gempa

PIDIE JAYA (wartamerdeka.net) - SDN Blang Sukon di Pidie Jaya, Aceh, menjadi sekolah percontohan ramah gempa. Sekolah yang sempat hancur ketika gempa bumi terjadi pada Desember 2016 itu kini memiliki konstruksi yang bisa meminimalisir jatuhnya korban ketika gempa bumi datang.


Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie Jaya Saiful berharap, keberadaan ruang kelas yang ramah dapat membuat anak-anak yang jadi korban gempa bumi kembali fokus pada pendidikan yang dijalani. Bangunan ramah gempa juga dipercaya mampu mengembalikan motivasi anak dari trauma.
"Dulu setelah gempa bumi banyak anak yang tak mau sekolah. Tapi kalau sudah ada tempat belajar yang nyaman dan ramah gempa, mereka bisa kembali menempuh pendidikan seperti dulu," ujar Saiful ketika ditemui di sela-sela Syukuran dan Peresmian SDN Blang Sukon, Kamis (24/8/2017).

Ia melanjutkan, dalam beberapa bulan ke depan pihaknya kembali menguji kelayakan bangunan sekolah. Kalau hasilnya tetap sama, maka pihaknya akan menjadikannya sebagai sekolah percontohan dalam pembangunan ramah gempa.

Gempa bumi pada Desember 2016 telah menghancurkan sekitar 160 bangunan sekolah, mulai tingkat TK sampai SMA. Jumlah itu cukup banyak mengingat wilayah tersebut hanya memiliki 232 sekolah.

Pembangunan ruang kelas serta sarana pendukung belajar lainnya di SDN Blang Sukon merupakan bagian dari program pemulihan pascabencana gempa Aceh yang diinisiasi PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT).
Herminwi, Head of North Sumatra Zone Sampoerna mengatakan, pihaknya turut prihatin dan berduka atas musibah bencana gempa Acehyang merusak banyak infrastruktur sekolah. 

"Pembangunan ruang kelas baru serta sarana pendukung lainnya diharapkan bisa menambah semangat belajar siswa. Kami berkomitmen untuk senantiasa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat melalui program tanggung jawab sosial perusahaan," jelasnya.


Kolaborasi dengan ACT sendiri sudah dilakukan sejak melakukan evakuasi, melayani korban dan pengungsi. Kini, sebanyak 150 siswa dan 24 guru di sekolah tersebut bisa tersenyum lega. Mereka bisa kembali belajar di tempat yang layak.

Selain membangun ruang kelas, Sampoerna juga membantu renovasi meunasa di Gempong Keude, Kecamatan Panteraja. Selamat belajar kembali, siswa-siswi Aceh. Teruslah berkarya!

Sekilas tentang Sampoerna untuk Indonesia

Sampoerna untuk Indonesia merupakan rangkaian kegiatan dan program yang dilaksanakan oleh PT HM Sampoerna Tbk. sebagai bentuk sumbangsih dan peran serta perusahaan dalam memajukan Bangsa dan masyarakat Indonesia, sekaligus untuk memberikan inspirasi dan motivasi bagi masyarakat agar dapat melakukan yang terbaik bagi dirinya sendiri dan bangsa Indonesia. 

Kegiatan dan program "Sampoerna Untuk Indonesia" mencakup berbagai bidang, antara lain pendidikan, pelestarian lingkungan, pemberdayaan ekonomi masyarakat dan tanggap darurat bencana.

Tentang PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna)
Didirikan pada tahun 1913, Sampoerna -- yang merupakan afiliasi PT Philip Morris Indonesia dan bagian dari Philip Morris International Inc. -- adalah perusahaan tembakau terkemuka di Indonesia, dengan kegiatan utama berfokus pada produksi dan penjualan rokok kretek. 

Perusahaan ini memproduksi sejumlah merek rokok kretek yang terkenal seperti Sampoerna A, Raja Kreteklegendaris Dji Sam Soe, Sampoerna U, dan Sampoerna Kretek. Perusahaan ini  juga mendistribusikan merek rokok Marlboro di seluruh Indonesia, melalui perjanjian distribusi jangka panjang dengan PT Philip Morris Indonesia. 

Sampoerna mengoperasikan tujuh pabrik di pulau Jawa dan bekerja sama dengan 38 Mitra Produksi Sigaret, dengan total tenaga kerja -- langsung maupun tidak langsung -- sekitar 70.000 karyawan, yang sebagian besar bekerja di lini produksi Sigaret Kretek Tangan. Sampoerna mendistribusikan produknya melalui 104 kantor area penjualan dan distribusi di seluruh Indonesia.

Saham Sampoerna diperdagangkan dengan kode saham "HMSP."

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama