Bupati Ingin Menjadikan Cilacap seperti Singapura, Dikritisi DPRD Cilacap, Ini Tanggapan Tomas Majenang


Bupati Ingin Menjadikan Cilacap seperti Singapura, Dikritisi DPRD Cilacap, Ini Tanggapan Tomas Majenang

Foto : Tokoh Masyarakat Majenang, Cilacap, Nunung Subardono 


CILACAP (wartamerdeka.net) –  Keinginan Bupati Cilacap untuk menjadikan Kabupaten Cilacap seperti Singapura,  melalui konsep “Cilacap to be Singapore of Java” mendapat kritik dari DPRD Kabupaten Cilacap. 

Polemik masalah itu kini jadi perbincangan di Cilacap. Tokoh Masyarakat Majenang, Cilacap, Nunung Subardono pun ikut urun rembug.
Menurutnya, konsep yang bagus itu harus jelas progress dan tahapannya, bukan sekedar wacana yang muluk-muluk.
“Bupati Cilacap yang merupakan eksekutif sudah selayaknya memilki konsep kemajuan daerah yang dipimpinnya, agar tidak monoton, serta selalu melakukan perubahan dan inovasi kemajuan bagi daerah tersebut. Namun hal itu harus dilakukan dengan perhitungan matang dan realistis, ” ujarnya, Jumat pagi (1/9/2017).
Secara Yuridis Formal, Bupati adalah Eksekutif sedangkan DPRD adalah Legislatif dimana dua lembaga tersebut memilki tugas dan fungsi yang berbeda. Sehingga menurut Nunung sangat wajar apabila DPRD itu mempertanyakan konsep yang digagas oleh Bupati tersebut. Legislatif yang mempunyai fungsi ; Bugeting, Controling dan legislasi, dengan sendirinya akan terbentuk hubungan saling mengikat.
Nunung menegaskan,  harusnya kritikan salah anggota DPRD itu harus dijadikan pemicu untuk secepat mungkin mewujudkan konsep yang bagus tersebut dan meyakinkan masyarakat Cilacap, sebab nantinya setiap konsep yang menyerap anggaran dan memilki payung hukum perlu mendapat persetujuan dari Dewan.
Perlu diketahui, sebelumya Bupati Cilacap merasa terusik oleh kritikan yang disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Ir Adi Saroso, MM terkait gagasan Bupati Cilacap yang merencanakan Cilacap akan dijadikan Singapura-nya Jawa.
Bupati bahkan menyatakan sudah menyiapkan lahan 32.000 hektar untuk mewujudkan gagasan tersebut dan Dewan diminta bersaing untuk mewujudkan konsep Cilacap kedepan. Dia berharap Cilacap 10 Tahun ke depan bisa menjadi pintu gerbang perdagangan dunia.
Menurut H. Risto, gagasan Bupati tersebut sangat imposibel. “Jangankan menjadikan seperti Kota Singapura, menjadikan Cilacap seperti Ibukota Jawa Tengah , Semarang saja, sangat sulit. Belum lagi menandingi Jakarta, apalagi Singapura. Itu tidak mungkin,” tegasnya.
Saat ini menurut H. Risto, jalan saja di
Cilacap masih banyak yang hancur dan tidak sepatutnya bagi kota yang memiliki Kilang Pertamina terbesar di Indonesia itu.
“Singapura itu kota yang sangat bersih dan jalan di sana sangat bagus ditunjang sarana umum yang super modern. Mana mungkin Cilacap bisa seperti itu, apalagi 10 Tahun ke depan. Nggak mungkinlah, Jakarta saja tidak mampu,”tambahnya.(Alek Tarkum)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama