Ketum JOIN Ungkap Efektivitas Pemanfaatan Pesawat Microligh Trike pada Pemotretan Udara

Ketum JOIN Ungkap Efektivitas Pemanfaatan Pesawat Microligh Trike pada Pemotretan Udara
Foto : Ketua Umum JOIN Budi Chandra Beri Pemaparan pada Kegiatan Pembinaan Potensi Dirgantara

“Dengan penggunaan pesawat Microlight Trike pemotretan udara yang dilakukan bisa menghasilkam gambar lebih detail dan akurat, ” ujar Budi Chandra yang akrab disapa Bang Ichan ini saat memberikan pemaparan pada kegiatan Pembinaan Potensi Dirgantara yang dihadiri oleh Kadispotdirga Marsma TNI AU Hari Budi Anton, Kamis lalu (31/8/2017).
Para peserta kegiatan ini merupakan perwakilan dari Seluruh Lanud TNI AU se Indonesia serta Perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).
Pesawat Microligh Trike

Selain itu, tambah Bang Ichan, pesawat Microlight Trike juga efektif untuk digunakan sebagai patroli hutan dalam penanganan Ilegal Loging, Pengamanan Tata Batas Negara serta Kawasan Hutan.
Kegiatan Pembinaan Potensi Dirgantara yang berlangsung selama 2 hari pada tanggal 30 – 31 Agustus 2017  di Wisma Mulyasari Puncak Bogor ini diselenggarakan oleh TNI AU Dispotdirga (Dinas Potensi Dirgantara)
Diingatkan oleh Bang Ichan, bahwa pemanfaatan Potensi Dirgantara memang tidak lepas dari tehnik pemotretan dari udara.
Kegiatan pemotretan udara menggunakan pesawat terbang Microlight Trike, menurut Bang Ichan, juga bermafaat untuk Pencegahan Kebakaran Hutan, Pemetaan, Inventarisasi, Tata Batas, dan Potensi Wisata Alam yang letaknya jauh di fengah hutan dan sulit dijangkau melalui jalur darat maupun sungai yang belum terindentifikasi.
Ketika diminta komentarnya soal kedekatannya dengan TNI,  Bang Ichan mengatakan,  JOIN serta dirinya pribadi memang  bermitra dengan TNI.
“Tapi bukan dengan TNI semata.  Kita juga bermitra dengan seluruh instansi pemerintahan dan swasta di seluruh nusantara, ” ujar pentolan utama organisasi Jurnalis online yang rencananya akan menggelar Kongres Nasional Pertama pada Oktober 2017  di Sulawesi Selatan ini, kepada wartawan.
Dia juga menambahkan,  JOIN ke depan akan merangkul semua pihak. Karena itu, JOIN di seluruh Indonesia berusaha agar bisa diterima di tengah – tengah masyarakat, termasuk organisasi atau wadah wartawan lainnya yang ada di seluruh Indonesia.
 “Aparat pemerintah harus dirangkul juga,” ujar Bang Ichan.
Untuk sekedar diketahui bersama, jauh sebelum menjabat sebagai Ketua Umum JOIN, Bang Ichan memang dikenal cukup dekat dengan pihak TNI. Sejumlah pengalamannya di bidang jurnalistik  juga diakui oleh pihak TNI. Ini pula yang diyakini menjadi landasan bagi pihak TNI AU sehingga menduduki Bang  Ichan sebagai narasumber dalam kegiatan Potensi Dirgantara TNI AU.(badar /aris)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama